9 Mengesankan Manfaat Bersepeda

9 Mengesankan Manfaat Bersepeda

Baca juga info : kursus bahasa inggris

Manfaat kesehatan dari bersepeda termasuk pengencangan otot, peningkatan kesehatan kardiovaskular, dan sirkulasi darah yang lebih baik. Manfaat kesehatan ini adalah alasan di balik popularitas bersepeda yang konsisten selama bertahun-tahun. Ini adalah salah satu bentuk latihan yang paling sederhana sebagai bentuk aktivitas fisik moderat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ini bukan hanya latihan; Hal ini juga digunakan sebagai sarana transportasi di banyak negara. Menggunakan bersepeda membantu dalam memasukkan aktivitas fisik ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dari anak-anak sampai orang tua, setiap orang dapat dengan mudah memilih bersepeda untuk kehidupan yang lebih sehat!
Baca juga info : info kursus bahasa inggris

Apa itu bersepeda

Konsep bersepeda diciptakan oleh Baron Karl von Drais, pada tahun 1817. Apa yang dia temukan bukanlah sepeda yang kita kenal dan gunakan. Dia benar-benar menemukan mesin berjalan yang membantunya berjalan di taman kerajaan lebih cepat. Perangkat ini memiliki roda, tapi tidak memiliki roda gigi, rantai, dan penjepit. Juga, ia bergerak maju dengan mendorong kakinya ke tanah. Dengan peningkatan teknologi ini, perangkat kasar ini akhirnya berubah menjadi sepeda modern.
Manfaat Kesehatan Bersepeda
Baca juga info : info biaya kursus bahasa inggris
Tubuh manusia membutuhkan aktivitas fisik untuk fungsi normal. Paling sedikit tiga puluh menit aktivitas fisik sedang hingga sedang sangat penting dan diperlukan untuk mencapai kesehatan jangka panjang. Selain manfaat kesehatan fisik, ada manfaat kesehatan sosial dan mental yang membuat bersepeda menjadi aktivitas yang menyenangkan juga. Manfaat kesehatan ini meliputi:

  • Otot diperkuat & kencang

Bersepeda adalah kegiatan yang melibatkan banyak mengayuh. Biasanya, diasumsikan bahwa aktivitas ini hanya membantu mengencangkan otot-otot betis dan paha, tapi sebenarnya ini adalah keseluruhan latihan fisik dan melibatkan pergerakan hampir di setiap bagian tubuh. Otot lengan juga diperkuat karena mereka harus menyeimbangkan siklus. Pada anak-anak, peningkatan yang kuat dalam kesehatan tulang dan otot telah diperhatikan setelah sesi bersepeda reguler. Bahkan ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa kesehatan otot berhubungan langsung dengan bersepeda. Karena peningkatan fleksibilitas otot, kebugaran aerobik mendapat dorongan.


  • Peningkatan Fungsi Kardiovaskular

Saat bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Ini melatih jantung dan meningkatkan kesehatan. Studi pada pria paruh baya menunjukkan hasil positif dalam hal fungsi kardiovaskular. Dibandingkan dengan orang yang tidak banyak duduk, mereka yang berpartisipasi dalam kegiatan seperti bersepeda, berjalan kaki, dan berlari menunjukkan fungsi kardiovaskular yang lebih baik.

  • Pengobatan Diabetes

Diabetes meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, penyakit kulit, penyakit mata, penyakit ginjal, dan berbagai macam lainnya. Diabetes dapat dikontrol dengan aktivitas fisik, termasuk bersepeda. Ini bisa sangat bermanfaat dalam mengendalikan diabetes karena glukosa yang ada di dalam sel habis dan glukosa dari darah ditarik masuk oleh sel dan diubah menjadi energi yang berguna.

  • Peningkatan Tingkat Energi

Bersepeda membantu meningkatkan stamina tubuh dan memberi dorongan pada daya tahan tubuh seseorang. Tingkat energi semakin tinggi, mengakibatkan antusiasme pada pekerjaan dan umumnya energi lebih tinggi untuk semua aktivitas normal. Ini membuka pilihan untuk jenis latihan dan aktivitas kebugaran lainnya. 

  • Manajemen stres

Mengendarai sepeda bisa dilakukan untuk mengurangi stres dan bersenang-senang. Para ahli mengatakan bahwa bermain olahraga apa pun dapat mengurangi stres, namun dalam kebanyakan kasus, bermain olahraga mungkin tidak mungkin dilakukan oleh banyak orang. Sebagai gantinya, seseorang bisa menghabiskan waktu mengendarai sepeda, yang juga sama bermanfaatnya dalam mengurangi stres dan depresi.

  • Pengurangan rasa sakit

Bersepeda telah ditunjukkan untuk membantu penanganan nyeri. Bersepeda dianggap sebagai latihan "pelepasan". Melepaskan latihan memainkan peran yang sangat penting dalam mengurangi masalah fisiologis dan psikologis seperti stres, ketegangan, dan rasa sakit. Bersepeda adalah strategi pengurangan rasa sakit yang diterima secara luas yang sering diterapkan pada anak-anak namun sama bergunanya untuk orang dewasa.

  • Bantuan Berat Badan

Bersepeda adalah latihan yang sangat baik untuk membakar kalori. Seseorang yang bersepeda dengan kecepatan 10 mph membakar 260 kalori dalam satu jam. Latihan bersepeda otot-otot di paha dan pantat. Bekerja secara teratur membantu seseorang mempertahankan struktur tubuh yang ramping.

  • Risiko Kanker Bawah

Kejadian penyakit, seperti kanker, dapat dikurangi secara signifikan dengan mengadopsi aktivitas fisik seperti bersepeda dan berlari. Studi menunjukkan bahwa bagi orang-orang yang melakukan aktivitas fisik moderat hingga tinggi di usia dini dan tengah, memiliki risiko kanker yang lebih rendah, dibandingkan dengan yang tidak.

  • Pengobatan radang sendi

Telah dicatat sebagai salah satu latihan terbaik untuk mencegah dan mengurangi arthritis. Bersepeda di luar ruangan dan bersepeda statis dalam ruangan sama-sama bermanfaat dalam mengurangi dan mencegah artritis. Otot di paha dan kaki bagian bawah digunakan saat bersepeda dan meregangkannya bermanfaat.

Dampak Lingkungan Bersepeda
Bersepeda adalah cara transportasi yang ramah lingkungan karena mengurangi polusi di lingkungan kita dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Dengan demikian, tidak hanya mempromosikan kesehatan yang baik tapi juga lingkungan yang lebih baik. Bersepeda 10 km setiap hari untuk bekerja dapat mencegah emisi setidaknya 1,3 ton gas rumah kaca setiap tahunnya. Hal ini mengurangi risiko banyak penyakit fatal dan masalah kesehatan yang mempengaruhi jutaan orang akibat polusi udara.
Baca juga info : daftar kursus inggris pare

Mobil penumpang di kota merupakan sumber gas rumah kaca terbesar seperti karbon dioksida, karbon monoksida, sulfur oksida, oksida nitrogen, dan hidrokarbon. Emisi gas berbahaya ini merusak sistem saraf dan juga bertanggung jawab atas masalah pernafasan yang parah. Penelitian mengatakan bahwa orang yang bersepeda kurang rentan terhadap dampak buruk polusi karena mereka cenderung menghirup udara yang kurang tercemar. Studi telah mengungkapkan bahwa setiap tahun di Australia, 900 sampai 2000 kematian dini terjadi karena polusi udara. Sekitar 900 sampai 4.500 kasus penyakit kardiovaskular, bronkitis, dan masalah pernafasan lainnya telah dilaporkan di Australia setiap tahun yang menelan biaya sekitar 1,5 sampai 3,8 miliar dolar untuk biaya pengobatan. Ini mungkin satu-satunya sarana transportasi yang tidak menyebabkan penyakit semacam itu, sementara sebenarnya membantu orang-orang yang sudah menderita masalah semacam itu.

Terlepas dari polusi udara, polusi suara juga bisa diberantas paling banyak dengan bersepeda. Ini adalah cara transportasi yang tidak bersuara dan karenanya tidak menimbulkan suara bising yang dapat mempengaruhi anak muda maupun tua. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1993 di NSW menunjukkan bahwa 73% populasi yang terpapar polusi lingkungan juga menjadi mangsa polusi suara. Hal ini menunjukkan betapa banyak dampak polusi terhadap kesehatan manusia maupun lingkungan.

Ukuran keamanan

Bersepeda pasti merupakan aktivitas fisik yang lengkap yang memiliki berbagai macam manfaat kesehatan yang bisa Anda nikmati. Namun, beberapa tindakan pencegahan harus dilakukan sebelum memilih bersepeda sebagai olahraga reguler atau moda transportasi.

Penting untuk memakai pakaian pas untuk bersepeda. Pakaian pas yang longgar mungkin macet saat bersepeda dan menimbulkan masalah serius, terutama jika Anda mengendarai lalu lintas yang padat, daerah perkotaan.

Selalu minum banyak air dan minum sering untuk mengatasi kemungkinan dehidrasi akibat aktivitas fisik.

Peregangan otot Anda penting karena menghangatkan tubuh dan mempersiapkannya untuk aktivitas fisik bersepeda yang ketat.

Memakai helm mungkin adalah ukuran keamanan terpenting yang perlu Anda ambil. Ini mencegah cedera kepala jika terjadi kecelakaan dalam bentuk apa pun terjadi. Juga, pertimbangkan untuk memakai pelindung siku dan lutut yang sesuai untuk perlindungan total.

Bersepeda bukan hanya aktivitas fisik biasa yang dimaksudkan untuk keperluan kebugaran. Ini juga merupakan cara transportasi dan dengan demikian memungkinkan orang untuk tetap fit bahkan ketika mereka akan bekerja, berbelanja, atau bersenang-senang dengan teman. Penggunaan transportasi modern seperti mobil, motor, dan bus pasti membuat hidup lebih cepat dan mudah bagi semua orang, tapi juga mengurangi umur manusia. Memasukkan bersepeda sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari pasti akan mengubah skenario dunia saat ini dengan tidak hanya mempromosikan kesehatan manusia tetapi juga kesehatan planet ini.
 
Baca juga info : Info kampung inggris pare

Komentar